10 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Okestra

10 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Okestra

1. Menurunkan tekanan darah


Ingin menjaga kesehatan jantung? Menurut sebuah studi Universitas Oxford, mendengarkan musik klasik okestra dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang. Musik okestra juga sagat cocok di dengarkan saat bermain judi online.

Dalam studi tersebut, para peneliti memainkan partisipan dengan gaya musik yang berbeda, termasuk rap, pop, techno, dan klasik.

Musik klasik efektif menurunkan tekanan darah peserta, sedangkan rap, pop, dan techno justru meningkatkan tekanan darah.

2. Meningkatkan memori


Tahukah Anda bahwa mendengarkan Mozart benar-benar dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda? Menurut sebuah penelitian, orang yang mendengarkan musik Mozart menunjukkan peningkatan aktivitas gelombang otak yang terkait langsung dengan memori.

Jadi lain kali Anda harus menghafal pidato atau presentasi besar, kenakan Mozart saat Anda berlatih.

3. Memicu kreativitas


Agar kreativitas Anda mengalir, dengarkan musik klasik. Meskipun mendengarkan musik klasik tidak akan langsung membuat Anda menjadi kreatif, hal itu akan membantu Anda untuk memiliki pola pikir yang lebih kreatif.

Lain kali Anda perlu bertukar pikiran, coba dengarkan Mozart atau Bach untuk membuat pikiran Anda berpikir di luar kotak.

4. Mengurangi tingkat stres


Jika Anda merasa sangat stres, dengarkan beberapa lagu klasik. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang mendengarkan musik klasik cenderung tidak merasa stres selama kehamilan mereka.

Ilmuwan menyatakan bahwa tempo musik klasik mirip dengan hati manusia, yang meredakan kecemasan dan depresi.

5. Meningkatkan kekuatan otak


Apakah Anda memiliki ujian besar atau proyek yang akan datang? Tingkatkan kekuatan otak Anda dengan mendengarkan musik klasik.

Dalam sebuah penelitian, peneliti Prancis menemukan bahwa siswa yang mendengarkan ceramah di mana musik klasik dimainkan di latar belakang mendapat nilai lebih baik pada tes dibandingkan dengan siswa lain.

6. Melawan depresi


Saat Anda merasa sedih di tempat pembuangan sampah, tinggalkan donat dan pilih musik klasik sebagai gantinya.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa musik klasik membantu meredakan depresi dan kesedihan.

Faktanya, sebuah penelitian dari Meksiko menemukan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu meringankan gejala depresi.

7. Menidurkan Anda


Apakah Anda bolak-balik selama berjam-jam sebelum akhirnya tertidur? Daripada bermain-main di episode lain Game of Thrones atau New Girl, dengarkan musik klasik.

Menurut sebuah penelitian terhadap orang-orang dengan masalah tidur, mendengarkan musik klasik hanya selama 45 menit sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

8. Meredakan nyeri


Daripada mencari Tylenol lain, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memainkan playlist Bach atau Beethoven. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu meredakan nyeri.

Menurut peneliti di London, pasien yang mendengarkan musik klasik menggunakan obat pereda nyeri yang jauh lebih sedikit.

9. Membuatmu bahagia


Ingin keluar dari suasana hati yang buruk yang Anda alami? Mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan sekresi dopamin, yang mengaktifkan pusat penghargaan dan kesenangan di otak.

Faktanya, sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa musik dapat membantu membuat suasana hati orang-orang menjadi lebih baik.

10. Meningkatkan produktivitas


Ini hari Senin pagi dan Anda sepertinya tidak bisa menyelesaikannya bersama-sama. Untuk membantu meningkatkan produktivitas, dengarkan musik klasik.

Serangkaian penelitian telah membuktikan bahwa musik membuat tugas yang berulang menjadi lebih menyenangkan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Maryland menemukan bahwa musik klasik Barok di ruang baca dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi ahli radiologi.